Selasa, 09 Juli 2013

Tumis Selada Air

Ini adalah salah satu sayur kesukaanku. Sejak kenal sama sayur yang satu ini benar-benar cinta mati deh. Apalagi kalau dimasaknya pakai irisan cabe rawit yang banyak..whuaaaaaa...pokoknya juara deh!
Di beberapa daerah, seperti Bandung, selada air dimakan mentah sebagai lalapan lho..tapi aku koq ga doyan ya kalo mentah gitu..di beberapa daerah pun namanya bukan selada air. Contoh ya di Solo ini mereka menyebutnya sebagai jembak. Rasanya krispi dan ada sedikit aroma khas yang membuatnya berbeda dari sayuran yang lain. Saudaraku yang dari Medan bilang disana selada air ini makanan orang kaya karena harganya yang cukup mahal. Padahal di Solo Rp 4000 aja udah dapat sekantong plastik ukuran sedang.Hihihi..
Oh iya..ini dia nih penampakannya selada air sebelum disiangi. Kebetulan pas nyari-nyari nama lainnya di mister gugel nemu di my-zone * hai my-zone..salam kenal yaa..izin copy paste fotonya yaa..*
Sayangnya sayur ini tidak tahan lama, dalam 2 hari dikulkasin udah kuning aja gitu daun-daunnya. Jadi kalau aku nyetok sayuran dikulkas, selada air ini harus dimasak lebih dulu. Kalau keburu kuning kan sayang..ujung-ujungnya malah dibuang deh..:(
Kalau di Solo, selada air ini bisa diolah macam-macam lho..tapi aku lebih sreg dengan ditumis pedas aja deh. Lebih cocok di lidah gitu :)
Bahan:
300 gr Selada Air yang telah disiangi
Bumbu:
4 siung bawang merah, iris-iris
2 siung bawang putih, keprek dan iris-iris
10 buah cabe rawit merah, potong-potong serong
1 buah tomat potong 8 bagian
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya, untuk menumis
air secukupnya
 Cara Membuat:
1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi dan kecoklatan. Kemudian masukkan irisan cabe dan tomat. Aduk hingga agak layu.
2. Masukkan selada air dan aduk hingga tercampur rata dan layu. Beri garam dan air secukupnya. Masak hingga air mendidih, angkat dan sajikan.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Apa nama sayurnya di Medan?

Pupuk Organik untuk Bunga Anggrek mengatakan...

selada air tuh yang kayak gimana ya gan? aku tanya ke tukang warung kok egk tau ya

Cy mengatakan...

Kalo org di malang-jatim bilangnya sayur seladrah.

My Dream Kitchen mengatakan...

Kalau di lubuk pakam setau saya sodara saya bilang sayur parit.
Maaf ya balesnya 7 thn kemudian. Udah keburu basi ya 🤦‍♀️

My Dream Kitchen mengatakan...

Hmmm..kalau di surabaya sih pada tau selada air. Untuk kota lain saya ga paham mba. Maaf ya balesnya sampe jamuran dulu 🤦‍♀️