Minggu, 25 Agustus 2013

Ketupat Ketan

Di Solo ada sebuah tradisi yang aku rasa cukup unik dan tidak aku temukan dikota lain tempat aku pernah tinggali sebelumnya. Tradisi itu namanya 'lebaran ketupat'...mengapa ini unik? Karena lebaran ketupat adalah perayaan yang dilakukan seminggu setelah perayaan Idul Fitri. Dan yang membuatnya seru dan menarik adalah setiap rumah di Solo pasti membuat ketupat dan kelengkapan lainnya. Semua pasar pasti akan menjual selongsong ketupat dan tidak sedikit pula yang menjual ketupat yang sudah matang. Tapi yang tidak kalah menarik lainnya (baca = menarik isi dompet) harga kelapa akan naik dua kali lipat demikian pula dengan harga daging sapi. Hehehehe...tapi semua itu tidak mengurangi keseruan lebaran ketupat di Solo.

Berhubung aku adalah orang batak kurang nampol rasanya kalau makan ketupat beras, paling sempurna adalah ketupat ketan. Dan setelah ngubek-ubek  NCC Lontong Week akhirnya nemu deh resep paling oke dan nikmat ala bu Citra Kusuma..thank you for sharing ya buu :* 
Resep ketupat ini adalah resep paling enak dan benar-benar ga menyesal deh masak sampai 5 jam. Hasilnya sesuai dengan effort yang dikeluarkan. Hihihihihi...

Ketupat Ketan 
Resep: Citra Kusuma
Modifikasi: Astri Fransiska
Bahan :
  • 1 liter beras ketan, cuci , rendam dengan santan selama 1 jam (aku cuma pakai 3/4 kg ketan)
  • 15 buah selongsong ketupat ukuran sedang (aku pakai selongsong ukuran kecil, supaya ga terlalu kenyang)
  • 4 liter santan dari 2 butir kelapa (aku pakai 3 liter santan dari 1,5 butir kelapa)
  • 3 batang serai (aku pakai 5 batang serai supaya lebih kuat aromanya)
  • 3 ruas lengkuas
  • 4 lembar daun salam
  • 2sdt garam
Cara membuat :

  • Tiriskan santan dari santan perendam (jangan dibuang, santan akan dipakai untuk merebus ketupat)
  • Masukkan beras ketan ke dalam selonsong ketupat hingga penuh namun tidak padat, masih ada ruang 1 cm dari sudut ketupat.
  • Masukkan ketupat dalam panci berisi santan, masukkan bahan lainnya
  • rebus ketupat hingga 4 - 5 jam dengan api kecil hingga ketupat matang dan kuah santan mengental
Ketupat ketan ini sangat cocok dimakan bersama rendang padang yang super nendang atau sambel goreng ati atau pun opor ayam. Dipostingan berikut aku akan tuliskan resep rendang padang yang nendang yaa..


Tidak ada komentar: