Senin, 01 Juli 2013

Putri Salju Keju

Ini salah satu kue klasik yang biasanya 'wajib' ada ketika hari raya. Kalau di tempat aku dibesarkan yaitu Sorong, Papua kue kering ini tidak terlalu familiar * apa aku yang ga gaul ya?hmmmm..* tapi pertama kali nyicip kue ini adalah ketika aku pindah ke Jogja tahun 1998, saat bazaar jaman SMA dulu *ketahuan deh mulai tuwir* :p
Menurutku rasanya enak dan bikin nagih, soalnya ga terlalu manis atau bikin eneg. Beberapa waktu ini nyoba-nyoba resep Putri Salju supaya dapat rasa seperti jaman SMA dulu tapi koq belom pas juga ya..Mau nanya ke sekolah malah lupa dulu siapa yang jualan.Hehehe.. Tapi yang satu ini pun sebenarnya juga enak koq, resepnya dapat di grup FB yang di share sama mba Yeyen *makasi sharing resepnya ya mbaaa..* Tadinya punya mba Yeyen Putri Salju Pandan Keju, tapi waktu aku coba koq rasa kejunya tenggelam dalam aroma pasta pandan ya..apa karena aku kebanyakan ngasi pasta pandan? Hmmmm...tapi ya udahlah..akhirnya jadinya Putri Salju Keju deh..:)
Ini dia resepnya..dengan sedikit modifikasi yaa..:)
Bahan:
250 gr margarin dan butter
100 gr gula halus
400 gram tepung terigu (aku pake Kunci Biru)
1 kuning telur
2 sdt pasta pandan (aku ga pake)
50 gr keju cheddar parut (aku pake 65 gr)
Cara Membuat:
1. Kocok gula halus dan margarin+butter sekitar 30 detik dengan menggunakan whisker.
2. Tambahkan kuning telur dan aduk rata.
3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan keju hingga rata.
4. Cetak, panggang dengam suhu 140 C selama 30 menit atau sampai matang.
5. Panas-panas gulingkan dalam gula halus. Bila sudah dingin gulingkan dalam gula donat dan simpan dalam toples.

Tidak ada komentar: