Rabu, 19 Juni 2013

Blueberry Thumbprint Cookies


Dari namanya sudah ketahuan ini kue jempol. Bukan karena bentuknya mirip jempol, secara kenyataannya bentuknya bunder, tetapi karena lobang ditengah kukis ini dibuat oleh jempol yang menekan adonan hingga menjadi lobang. Mendekati hari raya lebaran seperti ini kukis unik ini cukup diminati dan memang rasanya pun berbeda. Kombinasi antara rasa manis dan selai blueberry yang agak masam membuatnya tidak eneg kalau pun dimakan dalam jumlah banyak. Belum lagi ketika dikunyah bunyi krenyes-krenyes dari almond cincang benar-benar buat kukis ini sempurna *promo menuju lebaran* Hehehehehe...
Saat kukis ini dipanggang aroma-nya langsung memenuhi seluruh rumah, aroma butter yang gurih dan kacang almond yang enak banget pokoknya.

Bahan:
250 gr mentega (aku pake 125 gr butter + 125 gr margarin)
50 gr gula halus
2 kuning telur
350 gr terigu protein sedang 
2 sdm susu bubuk
Pelapis:
Putih Telur
Kacang almond (dicincang kasar)
Filling:
Selai blueberry
Cara Membuat: 
1. Kocok mentega, gula halus dan kuning telur dengan kecepatan rendah sebentar saja, asal campur dan lunak. Masukkan terigu dan susu bubuk. Aduk rata dengan sendok kayu.
2. Pulung sedikit adonan, bulatkan sebesar kelereng.Kemudian tekan bagian tengahnya sampai terbentuk lobang dan kue menjadi pipih. Lakukan sampai adonan habis.
3.Celupkan ke putih telur, gulingkan ke kacang almond cincang. Tata dalam loyang yang telah diolesi margarin tipis-tipis.
4. Panggang dalam oven panas 150 C selama 30 menit. Angkat beri filling blueberry di lobang tengahnya. Dinginkan dan simpan dalam toples kedap udara.

Note:
Ternyata setelah diberi selai blueberry, besoknya kukisnya jadi lembek. Nah..untuk yang akan bakulan kuker ini bakalan repot deh kena komplen customer. Solusinya gimana dong?
1. Ganti selai dengan coklat cair (akhirnya namanya jadi Chocolate Thumbprint Cookies).
2. Kalau tetap ingin pakai selai, panggang selai bersama-sama dengan adonan kukis sampai matang. Ini akan membuat kukis tetap renyah karena kandungan air akan mengering ketika dioven (jadi selai tidak diletakkan terakhir setelah kue matang).
3. Setelah kukis matang, lapisi terlebih dahulu lobangnya dengan coklat cair (jangan penuh ya, hanya sebagai pelapis di dinding kue). Setelah coklat mengering dan keras baru aplikasikan selai kedalamnya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

enak nih kue nya, cantik, bagi dong

My Dream Kitchen mengatakan...

mari silahkan dicoba buat mba amalia..hehehe..coba kita tetanggaan,pasti saya kirimin mba..btw makasi pujiannya mba :-)