Jumat, 12 Juli 2013

Nastar Coklat (Coklat Tart)

Kali ini aku buat nastar coklat *sebenernya kemarin sih yaa*, meskipun agak ngga tepat dinamai nastar, secara isinya bukan nanas, tapi tak apalah yaa..apalah arti sebuah nama, yang penting rasanya enakkk..hihihi..
Jadi kemarin seorang best friend-ku minta dibuatin kue kering untuk cemilan dirumah. Salah satu yang dipesan adalah nastar tapi ngga mau yang isinya nanas. Aku tawarin nastar durian temenku ga mau karena lagi hamil. Hihihi..akhirnya jadilah diputuskan membuat nastar coklat karena anak-anaknya yang super ganteng *haiii Jendra..hai Dhamma..* adalah penyuka coklat.
Untuk resep kulit nastarnya tetap setia dengan resep NCC untuk isian coklatnya aku pake resep mba Nina tapi dengan sedikit aku modifikasi.
Ini dia resepnya..cekidot.. :)
Bahan Isian:
63 gr tepung terigu (aku pakai Kunci Biru)
12 gr coklat bubuk (aku pake Valrhona)
1 sdt margarin (aku pake Butter Mix Anchor)
25 ml air matang
60 gr gula pasir (aku pake gula halus)
50 gr dark cooking coklat cincang (aku pake Collata) 

Cara Membuat:
1. Panaskan mentega dan air dalam panci. Bila mentega sudah mencair masukkan gula dan coklat cincang, biarkan sampai mendidih dan lumer semua.
2. Masukkan terigu dan coklat bubuk (sudah dicampur rata terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke panci). Aduk hingga tercampur rata dengan api kecil. Matikan api dan dinginkan. 
3. Pulung-pulung bentuk bulat dan siap digunakan sebagai isian nastar.
Tekstur isian coklatnya akan lentur tapi tidak seperti permen karet. Tidak lengket tapi cukup padat. Dibawah ini foto isian coklatnya yaa..semoga bisa dimengerti :)
Bahan Kulit:
175 gr tepung terigu (aku pake kunci biru)
125 gr mentega + margarin (aku pake butter mix anchor)
37.5 gr gula halus
1 kuning telur
1 sdm susu bubuk (aku pake dancow)
Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula dan butter mix asal tercampur rata * pakai whisker aja*
2. Masukkan terigu dan susu bubuk lalu aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
3. Ambil sedikit adonan, kira-kira 6-7 gr, masukkan isian dan bulatkan. Letakkan di loyang dan panggang hingga matang.
4. Setelah dingin beri hiasan coklat spuit melingkar atau sesuai selera. Tunggu hingga coklat membeku dan simpan dalam toples.

Tidak ada komentar: