Jumat, 12 Juli 2013

Peanut Cookies (Kue Kering Kacang)

Banyak orang bilang kacang itu sumber jerawat, dan pada akhirnya banyak orang yang takut makan kacang. Tapi buat aku sih aman-aman aja dengan kacang. Apalagi kalau makan coklat kacang favoritku yang dijual di supermarket dengan inisial 'C' itu..rasanya ga bisa brenti ngunyah deh..*rakus.com*
Kali ini aku buat kukis kacang yang rasanya sangat enak dan lembut membelai lidah. Bukan promo bukan pula jualan *syukur ada yang order ga bakal nolak juga sih :p*
Aku buat kukis ini 2 hari yang lalu, atas request seorang tetangga yang juga teman yang tergila-gila dengan si kukis kacang ini. Soalnya minggu lalu dia aku kasih icip-icip dan katanya rasanya mirip seperti yang biasa dia makan jaman sekolah dulu. Tapi berhubung sekarang yang jual ga tau dimana akhirnya ga pernah makan lagi deh..hihihi..
Ternyata kukis buatanku membangkitkan kenangan masa sekolah temanku itu ya..Baiklah mari kita lihat resepnya dan nostalgia masa lalu dilanjutin besok aja ;)
O iya..resepnya tetap dr milis tercinta yang sangat murah hati, baik budi serta penuh kasih NCC yaaa...dengan sedikit modifikasi:)
Bahan:
125 gr tepung terigu (aku pake Kunci Biru)
50 gr gula halus
65 gr selai kacang (aku pake Morin)
50 ml minyak goreng (aku pake SunCo)
1 sdm susu bubuk (aku pake Dancow)
1/4 sdt garam
1 sdt mentega
Bahan Olesan:
2 kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair (kali ini aku pake 1/2 sdt minyak goreng)


Cara Membuat:
1. Aduk rata gula halus, selai kacang, susu, minyak goreng dan mentega hingga rata (paling enak aduknya pakai whisker supaya cepat nyampurnya). Bila sudah tercampur masukkan tepung terigu secara bertahap sambil aduk hingga rata menggunakan sendok kayu.
2. Masukkan adonan yang sudah kalis tadi ke kulkas selama 15-30 menit.
3. Bentuk adonan bulat-bulat, tata dalam loyang dan panggang dalam oven 140 dercel hingga setengah matang, angkat.
4. Olesi bagian atasnya dengan bahan olesan. Panggang hingga matang.

2 komentar:

Rona Patricia Sibarani mengatakan...

buk, buk, kulo copy poto2 kue lo ke pelanggan gw yeee.

My Dream Kitchen mengatakan...

Maaf buk balesnya 9 tahun kemudian.wkwkwkwk