Senin, 08 Juli 2013

Kaastengels Bunga

Kue wajib lebaran ini termasuk salah satu kue klasik yang tidak pernah ada matinya. Bahkan ketika kue kering model baru bermunculan, dia tidak pernah kehilangan penggemar sama sekali. Mungkin tepat bila kukis ini dikatakan 'tak lekang oleh waktu' *ecieeeeee..* Bila memperhatikan namanya aku pikir ini kukis yang mungkin merupakan warisan penjajahan Belanda jaman dulu. Dan berhubung aku penasaran dengan sejarah kukis ini akhirnya coba-coba browsing deh tentang sejarah si Kaastengels ini.

Sangkelana menuliskan sedikit sejarah tentang Kaastengels. Dituliskan bahwa asal-usul namanya berasal dari bahasa Belanda, yaitu Kaas berarti keju dan Stengels berarti batangan. Oleh karena itu Kaastengels berarti batangan keju.Di Belanda kue ini berukuran cukup panjang atau mungkin lebih tepat disebut 'raksasa', karena ukurannya sepanjang 30 cm mirip penggaris yang digunakan anak-anak sekolah. Hehehehe...

Mengapa di Indonesia justru menjadi berukuran mini ya? Hmmmm...mungkin dulu saat nyonya-nyonya Belanda datang dan membuatnya di Indonesia oven-nya tidak ada yang besar kali ya..makanya di potong-potong supaya mengecil. Hihihihi...

Tapi kali ini saya membuatnya berbentuk bunga, terinspirasi dari milis tercinta NCC, dan bosan juga dengan bentuk Kaastengels yang selalu persegi panjang. Lagi pula setelah di eksekusi ternyata bentuk bunga lebih cepat selesainya dan topping kejunya lebih muat banyak. Hehehehe...Rasanya saat dimakan benar-benar sangat ngeju dan krenyes-krenyes. Hmmmm...yummmiiieee...


Yasudahlah..mari kita liat saja resepnya yaaa...
Modified: Astri Fransiska
Bahan:
300 gr mentega (aku pake Anchor Butter Unsalted)
200 gr keju tua parut ( aku pake keju cheddar Kraft)
400 gr tepung terigu protein sedang (aku pake Kunci Biru)
2 sdm susu bubuk (aku pakai Dancow)
2 butir kuning telur
1/2 sdt garam halus
Bahan Olesan:
3 butir kuning telur, kocok lepas dengan 1-2 sdm susu cair (aku pake telur utuh ditambah susu ultra)
Taburan:
Keju cheddar parut

banyak ya taburan keju parutnya :)
Cara Membuat:
1. Kocok mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sebentar saja, asal tercampur rata. Atau bisa juga dikocok menggunakan whisker sampai tercampur rata. Masukkan keju, aduk rata. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
2. Tipiskan adonan, cetak bentuk bunga dan tata dalam loyang.
3. Oven hingga matang dengan suhu 125 dercel selama 20 menit atau hingga matang. Saat setengah matang atau mulai tercium aroma keju, keluarkan dari oven, olesi dengan bahan olesan dan beri taburan keju. Kemudian panggang lagi hingga matang.



Tidak ada komentar: