Minggu, 23 Juni 2013

Chicken Nugget Ekonomis


Hiyaaahhhhh...akhirnya aku berhasil bikin chicken nugget enak lhoo..Dulu banget pernah coba bikin sekali malah gagal, bukannya jadi chicken nugget malah jadinya chicken nyemek :(( *secara dikukus koq malah berkuah dan lembek*
Tapi sekarang kutukan chicken nugget udah pergi jauh-jauh ke laut. Karena chicken nugget-ku kali ini sukses beratssss *joget-joget girang*.
Resepnya kali ini aku dapat dari blog mba Endang Just Try and Taste *mbaaa..minta resepnya yaaaa..makasi mba peri baik hatiii*
Dalam proses pembuatan ada sedikit modifikasi, soalnya saat praktek dilapangan *di dapur kaleee* ada beberapa bahan yang tidak tersedia. Kenapa aku namakan ekonomis? Karena aku punya resep nugget yang lebih biayaan alias bahan-bahannya agak mihil alias mahal. Hehehehehe...
Bahan:
250 gr dada ayam fillet (cincang)
1 buah wortel kecil (parut kasar)
1/4 buah bawang bombay ukuran sedang (parut kasar)
2 buah bawang putih (parut atau haluskan)
2 butir telur
2 sendok makan tepung sagu (aku pakai 3 sdm sagu tani)
Bumbu:
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam (aku tambahkan keju parut sekitar 20 gram)
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt kecap ikan
2 sdm tepung panir (aku pake bread crumb)
2,5 sdm mayonaise (aku pake merk maestro)
Bahan Pelapis:
2 butir telur (kocok lepas
tepung panir secukupnya (aku pake bread crumb Mamasuka)

Cara Membuat:
1. Siapkan loyang, pastikan ukuran loyang pas dengan dandang kukusan. Alasi permukaan loyang dengan kertas roti dan olesi permukaan kertas dan bagian samping loyang dengan minyak sayur. Sisihkan.
2. Siapkan mangkuk dan masukkan semua bahan dan bumbu nugget, aduk rata.
3. Tuang adonan kedalam loyang dan ratakan permukaannya agar smooth.
4. Kukus adonan selama 30 menit hingga benar-benar matang.Jangan lupa tutup dandangnya dilapisi serbet agar airnya tidak masuk kedalam adonan nugget.
5. Jika akan dicetak dengan menggunakan cookie cutter maka jangan kukus adonan terlalu tebal. Karena hal ini akan menyulitkan ketika dicetak. Apabila akan dipotong-potong, olesi terlebih dahulu pisau dengan minyak sayur agar tidak lengket.
6. Bila sudah matang, keluarkan adonan dari kukusan, biarkan hingga benar-benar dingin. Lepaskan adonan dar loyang, buang kertas minyak yang melekat.
7. Setelah dipotong-potong, gulingkan dalam kocokan telur dan kemudian gulingkan lagi dalam bread crumb hingga terlapisi secara merata.
8. Masukkan ke dalam freezer selama beberapa jam agar bread crumb menempel dengan sempurna. Setelah itu goreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan.

Menurut suamiku...rasanya uenaakkk..secara dia sangat ga doyan chicken nugget dan buatanku ini dihabiskan sebanyak 8 potong *lapar ya mas bro?* Hihihihi.. Kata suamiku lagi..chicken nugget buatanku layak masuk resto *bangga tingkat negara*
Yasulah...cukup deh berbangga-bangga. Untuk teman-teman yang ingin mencoba..silahkannn..
Berikutnya aku mau coba chicken nugget yang resepnya beda lagi yaa..yang bahannya agak rempong bin mihil gitu deh..nanti kita bandingkan apakah rasanya berbeda? Hmmm...jadi penasaran...

Tidak ada komentar: