Selasa, 02 Juli 2013

Naniarsik

Salah satu masakan favorit suamiku adalah Naniarsik atau aku biasa menyebutnya arsik. Ini adalah makanan khas batak yang belum [pernah aku temukan ditempat lain. Rasanya sangat khas, karena selain menggunakan bumbu yang umum juga menggunakan bumbu khas batak seperti andaliman, asam gelugur dan rias (kecombrang). Aku dan suami paling suka kalau arsik ini terasa lebih kecut..entah mengapa ya..menurut kami rasanya segar kalau kecut. Hihihihi...
Biasanya setiap kali mau masak makanan batak aku selalu telpon mamaku dan mengkonfirmasi setiap resep. Supaya nantinya rasa masakanku mirip seperti masakan mamaku..walaupun sebenarnya masakan mamaku sulit untuk ditandingi. Hehehehe...tapi paling tidak hasil masakanku mendekati masakan mamaku lah..*10 - 12 kalo aku bilang* ;)

Sejujurnya sih ya..kecintaanku pada kuliner nusantara, khususnya batak, tidak saja karena rasanya yang enak tapi juga karena ingin kuliner tradisional ini bisa terus lestari dan suatu hari akan digemari juga oleh generasi kita selanjutnya. Bahkan kalau disuruh milih, lidahku pasti lebih suka dengan makanan Indonesia dibanding makanan negara lain. Aku lebih suka tempe mendoan dan bakwan jagung dibanding burger dan hotdog. Aku lebih suka naniarsik dibanding steak. Tapi balik lagi ya..ini soal selera ;)
Bahan:
1 kg daging babi muda bagian samcan (aslinya sih resep ini pakai ikan mas)
10-15 lonjor kacang panjang, potong-potong sepanjang telunjuk(bisa ditambahkan rebung dan kemangi juga kalau suka)
3-4 gelas air
Bumbu:
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
7 buah cabe merah 
2 butir kemiri
1-2 ruas jari kunyit yang sudah tua
5 batang sereh (ambil bagian putihnya saja dan iris-iris)
1 ruas jari jahe
2 ruas jari lengkuas (Bisa dihaluskan ataupun dimemarkan saja)
1 sdm andaliman
garam secukupnya
Pelengkap:
5-10 lembar asam gelugur (kalau tidak ada bisa diganti air jeruk nipis)
bunga kecombrang secukupnya
2 lembar daun jeruk

Cara Membuat:
1. Haluskan semua bumbu. Didihkan air beserta bumbu halus. Dan letakkan batang sereh yang sudah diambil bagian putihnya didasar penggorengan yang berfungsi sebagai alas dan tentunya menambah nikmat rasa arsik nantinya.
2. Setelah mendidih masukkan daging, asam gelugur dan daun jeruk. Masak hingga daging empuk dan matang. Gunakan api kecil agar bumbu meresap sampai kedalam daging.
3.Bila daging sudah empuk masukkan kecombrang dan kacang panjang, masak hingga matang. Cicipi garamnya dan bila dirasa cukup matikan api. Angkat dan hidangkan.



Tidak ada komentar: