Minggu, 23 Juni 2013

Choco Stick Cookie Ny. Liem


Kukis satu ini menjadi salah satu best seller untuk bakulanku dimusim hari raya tahun ini (disusul Lidah Kucing Kiramisu dan Milo Doggie Cookies). Untuk penyuka coklat rasanya kukis ini memang pas, apalagi coklatnya tidak sedikit..benar-benar memenuhi kukisnya. Pembuatannya sebenarnya tidak terlalu sulit tapi membutuhkan sedikit lebih banyak ketelatenan *lhaa..podho wae* :D
Tapi entah kenapa untuk aku kalau buat kukis yang enak dipandang mata jadi semangat aja gitu, ga peduli pinggang udah boyokan alias pengen copot. Hihihihi...
Kukis ini juga lagi rajin seliweran di grup masak-masak di fb-ku..memang ini kukis happening banget daahhhh..
Nahhh..berhubung resepnya aku boleh dapat di grup fb, yaitu dari mba Desti Nurhayati *hai mba Desti* dan sedikiiit aku modifikasi, jadi mari kita langsung share aja yaaa..
Bahan 1:
300 gr mentega ( aku pake 150 gr butter + 150 margarin)
1 sdt emplex (aku ga pake)
2 kuning telur
1 putih telur
2 sdm rum bakar (aku ga pake)
1/2 sdt vanili
Bahan 2:
40 gr susu bubuk
450 gr tepung terigu protein sedang (aku pake Kunci Biru)
Bahan 3:
300 gr Coklat stik (aku pake Collata)
Bahan 4 (campur dan saring):
5 kuning telur (aku pake 2 aja)
1 sdm air (aku pake 0,5 sdm saja)
1/2 sdm minyak sayur
2 tetes pewarna kuning (aku ga pake)


Cara Membuat:
1. Campur dan kocok bahan 1 hingga mengembang dan putih.
2. Masukkan bahan 2 sedikit demi sedikit, aduk perlahan dengan spatula/sendok kayu hingga tercampur rata.
3. Ambil adonan, giling adonan dengan ketebalan 0,5 cm dan potong-potong seukuran coklat stick.
4. Letakkan coklat stick, beri adonan diatasnya yang menyerupai cincin melingkar. Letakkan diatas loyang yang telah diolesi margarin.
5. Olesi permukaan kukis (cincin melingkarnya saja) dengan bahan 4. 
6. Panggang dalam oven bersuhu 150 C selama 15 menit, kecilkan api menjadi 100 C lalu panggang kembali selama 15 menit hingga matang dan kering.
7. Angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.
Note:
* Pada resep ini tidak menggunakan gula sedikitpun untuk kukisnya. Tapi ada resep yang lain menggunakan gula. Lain kali aku mau coba yang pakai gula deh yaa..
* Gunakan coklat yang bake proof agar coklat tidak meleleh. Untuk merk Collata ini coklat akan sedikit meleleh saat dipanggang tapi tidak merusak bentuk aslinya. Dan ketika dingin coklat kembali ke bentuk semula.
* Namun ketika coklat dingin teksturnya jadi seperti kulit jeruk. Kira-kira apa yang salah ya? Hmmmm...

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.