Rabu, 19 Juni 2013

Lidah Kucing Tiramisu

Jaman sekarang lidah kucing punya banyak sekali variasi. Ada lidah kucing keju, tiramisu, mocca, green tea daaannnn masih buanyak lagi. Kalau ditanya rasanya? Semuanya uenak..hihihi..
Untuk penyuka tiramisu, yang satu ini bisa jadi alternatif menikmati 3 rasa dalam 1 kukis sekaligus selain cake tiramisu yang melegenda itu..karena yang satu ini pun tidak kalah enak rasanya. Suwer dehhh...:p
Dan seperti biasa resep ini diperoleh dari milis tercinta NCC yang semua membernya sangat baik, murah hati dan tidak sombong serta gemar menciptakan makanan-makanan enak, tentunya dengan sedikit modifikasi.

Bahan:
125 gr butter
125 gr margarin
160 gr gula halus
1 sdt vanilla
75-85 ml putih telur
200 gr terigu protein sedang
50 gr maizena
75 gr keju cheddar parut
1 sdt mocca pasta
1 sdt coklat pasta
Cara Membuat:
1. Panaskan oven suhu 140-150 C. Siapkan loyang lidah kucing dan oles tipis dengan margarin. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu dan maizena. Sisihkan.
3. Kocok butter, margarin dan gula halus sampai putih dan mengembang. Masukkan vanilla, kocok rata. Masukkan putih telur, kocok rata.
4. Masukkan campuran tepung, kocok rata dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata dan lembut.
5. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama banyak. Adonan pertama beri campuran keju parut dan aduk rata. Adonan kedua beri campuran mocca pasta dan aduk rata. Adonan ketiga beri campuran coklat pasta dan aduk rata.
5. Masukkan tiap adonan ke dalam pipping bag atau plastik segitiga.
6. Semprotkan tiap adonan secara bergantian.
7. Panggang dalam oven selama kira-kira 15 menit atau hingga pinggirannya mulai kering. Angkat dan dinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara.
Tips:
Lidah kucing adalah kukis yang sangat mudah hangus. Sering kali kita melihat kukisnya masih lembek padahal sudah di oven selama 15 menit. Kuncinya adalah selama pinggiran kukis sudah kering atau mengeras tetapi bagian tengahnya masih lembek, langsung angkat dan biarkan menjadi dingin. Karena selama proses pendinginan kukis masih terus mengalami proses pemasakan. Dijamin setelah dingin kukis akan garing seluruhnya.

Tidak ada komentar: