Jumat, 12 Juli 2013

Tumis Pare

Ini sayur yang rasanya pahit tapi enak. Walaupun untuk banyak orang sayur ini ga enak karena pahit dan banyak orang yang mengolahnya berusaha menghilangkan pahitnya dengan berbagai cara. Tapi menurutku apalah artinya pare bila tidak pahit? *gubrakkk dehh* Lagian apa enaknya makan pare kalau rasanya sama aja dengan sayuran lain kan? Hihihi..tapi kembali ke selera masing-masing sih yaa..
Konon katanya..pare ada 2 jenis. Yang bertekstur penuh gerigi itu pasti pahit. Yang teksturnya mulus itu tidak pahit. Tapi aku ngga pernah beli yang ga pahit jadi ngga tau rasanya enak apa ngga tu yang tekstur mulus :)

Buat aku pare itu enaknya dimasak dengan sedikit daging dan harus pedas, dimakan dengan nasi hangat dan tempe mendoan serta krupuk. Rasanya? Jangan tanya deh..langsung aja praktekin resepnya yaaa... :)
Bahan:
2 buah pare ukuran sedang, potong-potong setebal 0.5 cm
150 gr daging ayam, potong dadu
Bumbu:
4 siung bawang merah, iris-iris
2 siung bawang putih, keprek dan iris
10 buah cabe rawit, potong serong
1 buah tomat, potong sesuai selera
Garam secukupnya
Air secukupnya
Cara Membuat:
1. Cuci bersih pare dan remas-remas bersama garam hingga air dari pare keluar. Buang airnya dan remas sampai 3 kali. Gunanya untuk mengurangi rasa asin. 
2. Tumis bawang merah dan bawng putih hingga harum dan berwarna coklat muda. Kemudian masukkan ayam, cabe rawit dan tomat. Aduk hingga rata dan biarkan sebentar hingga ayam berubah warna.
3. Setelah ayam berubah warna masukkan pare aduk rata dan beri garam secukupnya. Kemudian masukkan air dan biarkan sampai mendidih dan matang. Angkat dan hidangkan.

Tidak ada komentar: