Jumat, 12 Juli 2013

Ayam Panggang Kemiri

Bagi penyuka ayam resep ini wajib di coba..bukan promo bukan pula iklan tapi masakan ini bener-benr nendanggg rasanya :p
Semalam kami kedatangan tamu istimewa *ecieeehhhh..* yang diundang suami untuk dinner bareng dirumahku. Tadinya bingung mau masak apa yaa...yang mudah, enak dan ga pake ribet. Dan teringatlah aku pada mba Endang JTT..langsung deh meluncur tengah malam untuk mencari pencerahan ke web mba Endang. Dan pas banget ketemu postingan baru mba Endang yang bikin aku ngiler tengah malam. Akhirnya kuputuskan resep inilah yang akan aku eksekusi untuk menjamu teman-teman istimewaku. Makasi resepnya ya mbaaa...

Anyway..rasanya memang beneran enak banget. Bumbunya meresap dan rasanya sempurna. Walaupun aku panggangnya di oven..secara ga punya panggangan pake arang sih..Nabung dulu deh supaya bisa beli panggangan yang keren di Ace Hardware. Hihihihi..Semoga kesampean ya Tuhan...amin :)
Ayam panggang kemiri ini pas dimakan dengan sambal bawang mentah..rasanya? Cobain sendiri deh yaaa...:)

Baiklah..mari kita ceki-ceki deh resepnya..pake sedikit modifikasi yaaa..seperti biasa ;)
Bahan:
10 potong ayam negeri (sepertinya pakai ayam kampung lebih enak lagi nih :))
250 ml santan kelapa (aku pake santan Kara di encerkan dengan air)
Minyak goreng secukupnya
Bumbu dihaluskan:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe
2 ruas jari lengkuas (aku ga pake)
2 lembar daun salam
3 batang sereh, iris-iris (ambil bagian putihnya saja)
5 buah kemiri
1 sdt ketumbar
Bumbu pelengkap:
3 lembar daun pandan
1 sdt gula merah yang telah diserut
1 lembar daun jeruk
Asam jawa, dilarutkan dalam air hangat (aku pake 4 sdm)
garam secukupnya
Cara membuat:
1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi, kemudian masukkan daun pandan, daun salam dan daun jeruk. Aduk hingga layu dan masukkan ayam. Campurkan ayam dengan bumbu hingga merata dan diamkan sebentar.
2. Tuang santan kedalam ayam, beri garam, gula merah dan air asam jawa. Aduk rata. dan diamkan hingga kuah santan mengering dan tersisa bumbunya saja.

3. Panaskan oven hingga 150 dercel kemudian panggang ayam hingga matang kecoklatan. Jangan lupa dibalik agar matangnya merata.
4. Setelah matang, pindahkan ke piring saji dan selamat menikmati yaaa.. :)


Tidak ada komentar: