Selasa, 09 Juli 2013

Ayam Goreng Sambel Ijo

Untuk penyuka pedas, makanan satu ini pasti deh benar-benar bikin girang, ngiler dan tentunya kepedesan.Bagaimana tidak...ayamnya hanya 10 potong tapi sambelnya sepiring besar. Hihihihi..
Untuk yang ga suka pedas pasti serem ya bayanginnya, tapi penggila pedas wajib deh cobain resep ini. Rasanya seperti ditampar tapi nikmat :)
Terinspirasi dari web mba Endang Just Try And Taste. 
Semalam saat lagi jalan-jalan ke web mba Endang dan resep ini berhasil membuat air liur-ku terbit saat tengah malam. Akhirnya kuputuskan untuk mengeksekusi resep Ayam Sambel Ijo hari ini. Walaupun ada sedikit modifikasi, berhubung ada beberapa bumbu yang tidak tersedia di rumah dan males keluar untuk beli, rasanya tetap nikmat dan juara deh pokoknya. Hihihihi..
Bahan:
1 kg ayam negeri, potong-potong ukuran sedang
Bumbu Ayam (Haluskan):
5 siung bawang putih ukuran besar
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari lengkuas (optional)
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
garam secukupnya

Sambel Ijo:
3 buah tomat hijau ukuran sedang/besar
7 buah cabe hijau
23 buah cabe rawit hijau
4 siung bawang merah ukuran besar
3 siung bawang putih
3 lembar daun salam
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
1 sdm air jeruk nipis
Lengkuas, memarkan (aku ga pake)

Cara Membuat:
1. Cuci bersih ayam dan masukkan bumbu ayam yang telah dihaluskan. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan kedalam panci/penggorengan dan ungkep dengan api kecil sampai air dari daging ayam keluar dan mengering. Jangan lupa sesekali dibolak-balik agar matang merata.
2. Setelah Ayam selesai diungkep, goreng dalam minyak panas dan banyak hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan minyaknya dan tata di piring.
3. Sambel Ijo: Rebus tomat, cabe hijau, rawit hijau, bawang merah dan bawang putih hingga matang. Kemudian angkat dan haluskan.
4. Tumis sambel ijo dan masukkan daun salam, gula,garam dan air jeruk nipis. Aduk sesekali dan masak hingga harum. Matikan api dan siramkan ke atas ayam goreng tadi.

Tidak ada komentar: