Senin, 12 Agustus 2013

Macaroni Schotel



Aku bukan penyuka pasta ataupun makanan asing lainnya. Aku pecinta masakan Indonesia. Makanya sangat jarang aku membuat western food termasuk pasta ini. Kalaupun aku buat pasti yang akan menikmati adalah suami dan teman-teman yang sengaja aku panggil ke rumah untuk menghabiskannya.
Nah..kali ini untuk pertama kalinya aku buat MacSchot ini..itu pun karena orderan seorang teman yang lagi ngidam..tapi pada akhirnya jadi membuahkan orderan dari teman-teman yang lain. Hihihihi...

MacSchot kali ini resepnya aku peroleh dari blog mba Hesty (Hesti's Kitchen). Memang bukan cerita yang melebih-lebihkan karena ternyata rasanya sungguh luar biasa..penuh keju..dagingnya pun tidak sedikit..pokoknya jempol deh kata suamiku. Hehehehe...

Bahan:
160 gr daging kornet (aku pakai daging sapi cincang dengan sedikit lemak)
80 gr bawang bombay dipotong kecil-kecil
2 sdm margarin
200 gr macaroni elbow (rebus sesuai petunjuk, tiriskan)
160 gr keju cheddar, potong dadu 1/2 x 1/2 cm
3 buah sosis, belah dua, potong tipis (aku pakai sosis Bernardi)
4 butir telur utuh
320 ml susu cair (aku pakai Ultra)
1 3/4 sdt garam
1/2 sdm gula
1/2 sdt pala
1/2 sdt merica

Bahan Saus Putih (Bechamel Sauce):
1 sdm butter
2 sdm terigu
250 ml susu cair (aku pakai Ultra)
garam secukupnya
pala secukupnya
1/4 sdt merica bubuk
150 gr keju cheddar parut
keju parut secukupnya untuk taburan

Cara Membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan pala, daging giling. Tumis lagi hingga matang.
2. Masukkan ke tumisan daging: macaroni, keju potong dadu, sosis, telur. Bumbui dengan garam, gula, pala dan merica. Tuang susu. Cicipi rasanya. Jika sudah pas maka adonan siap untuk dituang ke wadah (ada baiknya didiamkan sebentar agar susu terserap oleh macaroni).
3. Tuang ke pinggan tahan panas atau cup aluminium kecil. Kukus selama 30 menit. Sisihkan.
4. Panaskan butter, masukkan terigu dan aduk hingga rata. Tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat supaya tidak menggumpal. Masukkan keju parut, garam dan merica. Aduk hingga keju meleleh.
5. Tuang saus putih keatas Macaroni kukus tadi. Ratakan dan taburi dengan keju parut.
6. Panggang dengan api atas selama 10-15 menit hingga keju menguning dan beraroma enak.
7. Hidangkan dengan sambel botol bila suka.

Tidak ada komentar: