Rabu, 01 Mei 2013

Capcay Ala Astri

Siapa yang tidak kenal masakan satu ini? Meskipun dia dikenal sebagai salah satu Chinese cuisine (walaupun bukan otentik yaa..) tapi entah mengapa seluruh rakyat negri ini mengenalnya dan bahkan sangat sedikit yang ngga doyan sama si capcay ini. Aku adalah penyuka sayur-sayuran, secara didikan keluarga yang mewajibkan makan sayur membuat aku ga bisa makan dengan nikmat kalau tidak ada sayur.

Konon kata seorang teman Tionghoa, capcay berarti masakan yang terdiri dari 7 jenis sayuran. Tapi pada prakteknya kadang-kadang aku buat kurang dari 7 jenis kadang juga lebih. Pokoknya suka-sukanya yang masak deh..hihihi..Kali ini aku campurin dengan yang non halal yaitu babi. Entah mengapa menurutku rasanya jadi lebih manis (padahal ngga pake gula lhoo..karena aku paling anti masukin gula kedalam masakan).
Pokoknya masakan ini nikmatnya tiada tara, aku kalo sudah masak sayur ini ga akan makan nasi. Isinya capcay doang sepiring penuh (rakus.com) :p

Anyway busway..ini dia resepnya..
Bahan:
1 buah wortel ukuran sedang/besar
1 kuntum brokoli (berat sekitar 250 gr)
10-15 batang buncis, potong memanjang (5 cm)
4 lembar kol, potong ukuran 4x4cm
5 lembar jamur kuping, potong sesuai selera
5 buah jagung muda ukuran sedang, potong serong
6 lembar sawi putih, potong-potong
2 batang daun bawang, potong sesuai selera
10 buah bakso potong menjadi 4 bagian
Daging babi secukupnya (kalau bisa yang ada sedikit lemaknya supaya lebih enak)
Bawang Bombay diiris 
Bumbu Halus: 
4 Siung bawang merah
5 siung bawang putih 
Merica secukupnya
Garam secukupnya
Pelengkap:
1 sdm saus tiram (ngga dipake pun tetep enak koq)
Air secukupnya
Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan bawang bombay. Aduk hingga bawang bombay layu.
2. Masukkan daging babi, aduk rata dan biarkan sampai minyak dari dagingnya keluar. Lalu tuang air sampai daging terendam dan biarkan sampai daging empuk dan matang.
3. Masukkan bakso, jagung muda, jamur kuping dan wortel, aduk rata dan tambahkan air secukupnya bila dirasa air sudah menyusut (jangan terlalu banyak nanti jadinya sup dong yaa :) )
4. Masukkan brokoli dan buncis, aduk sebentar lalu masukkan sawi putih dan kol. Setelah layu aduk sebentar. masukkan daun bawang dan matikan api.
Capcay siap disantap :)

Note: 
Sebaiknya jangan memasak sayur terlalu lama, selain enzim sayuran menjadi rusak rasanya sudah tidak kriuk-kriuk lagi dan warnanya pun sudah tidak cantik lagi.

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar: