Selasa, 10 Desember 2013

Udang Saos Asam Manis

Memasak selalu paling menyenangkan terutama saat cuaca hujan, karena bawaannya lapar melulu :D
Siang ini menu makan siangku adalah Udang Saos Asam Manis ala aku. Mengapa ala aku? Karena resepnya sesuai dengan yang tersedia didapurku. Berhubung lagi malas keluar rumah..ya sudahlah mari kita karyakan apa yang ada didapur saja. Hehehehe..
Jadi ingat masa-masa tinggal di Sorong, menu ini adalah salah satu favoritku. Dan ngebahas soal Sorong..udang ini adalah udang yang aku bawa dari Sorong saat mudik bulan Oktober kemarin. Dengan dimasaknya menu ini..resmi sudah udang Sorong-nya habis :(
Ini dia resepnya...
Bahan: 
500 gr udang berukuran besar, buang kulit dan isi punggungnya, sisakan ekornya.
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, iris-iris
3 siung bawang putih, keprek dan potong-potong
4 siung bawang merah, iris-iris
1 botol kecil saos tomat (sebenarnya lebih nikmat kalau pakai tomat segar yang diparut, tapi tadi kebetulan aku kehabisan)
garam secukupnya
1 buah wortel, kupas dan potong-potong seukuran korek api.
1 sdt gula pasir (untuk mengurangi asamnya tomat)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kecap inggris
1 sdt cabe bubuk
1/4 gelas air
Cara Membuat:
1. Goreng udang selama 3-5 menit. Angkat dan tiriskan minyaknya. Jangan terlalu lama menggoreng karena akan menyebabkan udang menjadi alot.
2. Tumis bawang merah hingga layu, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Aduk hingga bawang putih wangi dan berwarna coklat muda. Masukkan saos tomat dan aduk rata.
3. Masukkan wortel aduk rata dan beri sedikit air agar wortel matang. Setelah mendidih masukkan garam, kecap inggris,gula,merica dan cabe bubuk. Aduk rata.
4. Masukkan udang, aduk cepat hingga semua tercampur. Angkat dan hidangkan.
Rasanya sangat oriental...ada asam dari tomat, manis dari gula, gurih dari garam dan kecap inggris dan tentunya tidak pedas walaupun menggunakan cabe bubuk. Karena fungsi cabe bubuk adalah untuk memperindah warna merahnya saja ;)
Honestly..rasanya seperti masakan restoran. Kuncinya adalah dari udang yang tidak terlalu lama dimasak sehingga masih juicy ketika digigit. Ditemani nasi hangat dan tumis sawi..rasanya benar-benar tak terkalahkan.
Guys...this is one of the must to try in your kitchen ;)

Tidak ada komentar: