Rabu, 11 Desember 2013

Choco Cookie Monster Cheesecake

Dulu saat belum punya keberanian, aku selalu takut kalau orang-orang mulai cerita tentang mahalnya biaya produksi cheesecake. Belum lagi katanya membuatnya tidak mudah karena membutuhkan sejumlah teknik yang tidak umum dan untuk pemula seperti saya tingkat kegagalannya cukup tinggi.
Memang sih awal baca resepnya dan membayangkannya cukup membuat saya agak kliyengan (bahasa apa iniiii? :D) tapi setelah praktek langsung ternyata tidak sesulit yang dikatakan orang apalagi seperti bayangan saya. Hehehehe..Dan yang paling seru tentunya rasa dari kesuksesan membuat cheesecake ini sendiri. Bayangkanlah perpaduan antara creamcheese yang smooth dan oreo yang sedikit krenyes-krenyes dan choco button yang lumer di mulut, belum lagi rasanya yang bittersweet dan cheesy...ahhhh..pokoknya sempurna dan sebanding dengan semua biaya dan usaha yang dikeluarkan.
Resep Cheesecake ini aku ambil dari buku '35 Variasi Resep-Resep Cheesecake' Yasaboga dengan sedikit modifikasi dan kesalahan yang menghasilkan improvisasi tentunya ;)

Choco Cookie Monster Cheesecake
Resep:35 Variasi Resep-Resep Cheesecake' Yasaboga
Modifikasi: Astri Fransiska  
*Alas:
120 gr biskuit coklat, buang krimnya (aku pakai 2 1/2 bungkus oreo @ 137gr)
75 gr mentega tawar, lelehkan (aku pakai 125gr Wysman)
* Bahan:
375 cream cheese, biarkan pada suhu ruangan (aku pakai merk Elle&Vire)
125 gr gula pasir halus (aku pakai merk fiesta)
100 gr sour cream (aku pakai yogurt plain merk Cimori)
15 gr terigu (aku pakai segitiga biru)
2 butir telur
1 kuning telur
1 sdt vanili ekstrak
5 buah biskuit coklat pekat, hancurkan (aku ganti dengan choco button merk Collata secukupnya)
* Cara Membuat:
- Campur biskuit dan mentega leleh, aduk rata. Padatkan pada dasar loyang spring form diameter 20 cm (aku pakai diameter 24 cm). Simpan dalam lemari es selama 1 jam.
(oreo yang telah dihancurkan dicampur mentega leleh dipadatkan didalam loyang spring form)
- Kocok cream cheese dan gula dg kecepatan rendah hingga gula larut, tambahkan terigu,kocok terus hingga rata. Tambahkan telur dan kuning telur satu demi satu sambil dikocok rata. Masukkan vanili dan sour cream, kocok rata. Masukkan biskuit hancur atau choco button, aduk rata. Tuang adonan kedalam loyang berisi oreo campur mentega tadi.
(sebelum dituang adonan masukkan choco button)
(choco button ditata diatas adonan cheesecake..jadi mirip polkadot cheesecake yaa ;) )
- Panaskan oven 175 dercel. Panggan selama 1 jam dg teknik au bain marie hingga matang. Matikan oven, biarkan dingin dalam oven. Simpan min 8 jam dalam lemari es.
- Hias dengan topping yang diinginkan (kalau aku polosan dulu aja deh. Hehehe..)

Tidak ada komentar: